Kebumen Pusat Penghasil Jenitri di Indonesia

Julia Roberts dan Kalung Kesehatan Biji Jenitri
Julia Roberts
Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah adalah penghasil biji jenitri terbanyak di Indonesia. Berbeda orang menyebut buah yang satu ini, jenitri, janitri, jenistri, genitri, ganitri, jemintri atau rudraksha. Pada awalnya para petani dan pengepul hanya tahu bahwa biji jenitri digunakan untuk bahan bakar saat ngaben, upacara bakar mayat kaum Hindu. Hal ini agak masuk akal, karena bara api dari biji jenitri yang keras ini sangat awet. Manfaat lainnya adalah sebagai sarana ritual, biji jenitri diuntai dijadikan kalung atau japamala atau tasbih atau rosario. Saat ini kalung jenitri juga dimanfaatkan sebagai alat kesehatan dan perhiasan.

Sebelum tahun 2013, hanya orang dari negeri Nepal dan India yang melakukan transaksi perdagangan jenitri di Kebumen. Seiring berjalannya waktu, banyak orang berdatangan dari negara Tiongkok sebagai salah satu konsumen buah jenitri. Saat itu harga jenitri pada umumnya masih dalam nominal puluhan atau ratusan rupiah perbutir. Tahun 2014 orang mulai terbelalak kaget, ternyata ada biji jenitri yang dihargai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah sebutir.

Logika sederhana: Orang India dan Nepal membeli biji jenitri dari Kebumen. Lalu mereka memasarkan di negara asalnya, sebagian dijual ke negeri Tiongkok yang dulunya disebut sebagai negara China. Di jaman mutakhir, dimana internet digunakan untuk mengetahui segala informasi; diketahuilah daerah Kebumen sebagai pusat penghasil jenitri. Kemudian ratusan bahkan ribuan orang Tiongkok datang ke Kebumen untuk membeli langsung biji jenitri, melihat pohon jenitri, mengetahui petani dan penjual jenitri. Tentunya mereka mendapatkan biji jenitri dengan harga yang lebih murah dibanding dengan yang dijual oleh orang India dan Nepal.

Pembeli biji jenitri dari negara Tiongkok atau China, pada tahun 2014 dan 2015 banyak berdatangan ke Kebumen. Kebumen dikenal sebagai sentra / pusat produsen biji jenitri, menghasilkan paling banyak buah jenitri dibandingkan daerah lain di Indonesia. Para pembeli biji jenitri dari negara Cina kebanyakan mendarat di bandara Soekarno - Hatta Jakarta, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta api atau mobil menuju Kebumen.

Daerah penghasil jenitri lainnya di Indonesia antara lain: Cilacap, Blitar, Kediri, Lampung, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua. Karena sebagian besar pembeli dari Tiongkok berkumpul di Kebumen, banyak pedagang jenitri dari daerah lain di Indonesia mengirimkan jenitrinya ke Kebumen. Daerah Blitar dan Kediri dikenal memiliki kualitas biji jenitri yang bagus. Buah jenitri dari Papua cenderung lebih besar ukurannya dibanding jenitri dari daerah lain.

Banyak petani dan pedagang jenitri yang menikmati hasil penjualan biji jenitri, secara ekonomi kehidupan mereka membaik. Selain petani dan pedagang jenitri, imbas dari perdagangan jenitri di Kebumen ikut dirasakan oleh banyak pihak: tingkat hunian hotel meningkat, usaha rental mobil semakin menggeliat maju, penjual plastik dan karung kemasan dagangannya tambah laris, jasa penterjemah bahasa Mandarin berdatangan dari berbagai wilayah Indonesia ke Kebumen.

Jenitri akan bermanfaat jika bersentuhan langsung dengan kulit. Khasiat yang diharapkan saat kalung jenitri sudah dikenakan adalah : rasa nyaman, suhu tubuh menjadi sejuk, mengatasi keluhan dan gangguan jantung, menormalkan tekanan darah, memperbaiki kerja saraf dan menghilangkan pikiran negatif. InsyaAllah.  

Untuk membeli kalung jenitri atau rudraksha klik di sini

Untuk membeli gelang jenitri atau rudraksha klik di sini


Untuk membeli alat refleksi dari biji jenitri klik di sini

Berapa harga kalung jenitri di luar negeri? Harganya peruntai kalung adalah 98,99 dollar Amerika atau sekitar Rp.1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu rupiah). Untuk melihat harganya di luar negeri, silakan klik di sini.

Saya menjual perkalung dengan harga Rp.50.000 (lima puluh ribu rupiah, minimum pembelian 2 kalung). Kenapa saya bisa menjual kalung jenitri dengan harga murah? Karena daerah tempat tinggal saya, Kabupaten Kebumen, adalah penghasil buah jenitri paling banyak di Indonesia.


Kalung Kesehatan dari Biji Jenitri atau Rudraksha


Harga Rp. 50.000, minimal pembelian 2 kalung.
Tiap pembelian 2 kalung jenitri, Anda akan mendapatkan BONUS 2 gelang jenitri atau 1 tasbih berisi 33 butir jenitri. Silakan dipilih.

Cara membeli: SMSkan (1) jumlah kalung jenitri yang akan Anda beli, (2) nama & alamat lengkap tujuan pengiriman. 

Contoh SMS Anda, misal: 2 kalung, Hermansyah, Jln. Abdul Hamid No. 900 D, Kode Pos 23121 Banda Aceh. 

Kirim SMS ke nomer HP : 08 99 66 99 8 77 atau ke 087888676700 ( WA )