Apa Itu Jenitri ?

gambar pohon buah jenitri
Gambar Pohon Buah Jenitri
Apa itu jenitri

Sebuah pertanyaan yang sering diajukan oleh sebagian pengunjung blog ini: apa itu jenitri ? Buah jenitri disebut juga dengan rudraksha. Menurut wikipedia disebutkan Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) adalah pohon yang termasuk suku Elaeocarpaceae. Buahnya berwarna biru ungu dengan biji yang cukup besar dan biasa digunakan sebagai manik-manik penyusun perhiasan. Kayunya memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kegunaan buah jenitri

Jenitri untuk apa ? Saat ini mulai diketahui kegunaan buah jenitri adalah sebagai alat kesehatan dan untuk perhiasan / aksesoris. Banyak selebritis di Indonesia dan artis top dunia yang sudah mengenakan gelang dan kalung jenitri.

Harga bibit pohon jenitri

Di Kebumen, Jawa Tengah sebagai daerah penghasil buah jenitri terbanyak di Indonesia; harga bibit pohon jenitri kualitas baik dijual mulai harga Rp.50.000 hingga ratusan ribu rupiah perbatang. 
  
Berapa harga jenitri termahal ?

Harga jenitri termahal di Indonesia yang pernah penulis ketahui adalah Rp.92.000.000 untuk sebutir jenitri yang mempunyai mukhi 21 atau mempunyai jumlah garis sebanyak 21. Di India sebutir jenitri simetris bergaris 21 harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Jenis-jenis jenitri

Jenis jenitri biasanya disebut berdasar daerah asalnya, orang yang menyilangkan bibit pohon jenitri pertama kali, sehingga menjadi sebuah varian / jenis jenitri baru, dan berdasar bentuk jenitrinya. Nama jenis jenitri berdasar asal daerah: Jenitri Kalipuru, Jenitri Medana, Jenitri Sulawesi, Jenitri Papua, Jenitri Sumatera, Jenitri Blitar, Jenitri Kediri, Jenitri Bali, Jenitri Cilacap, Jenitri Lampung, Jenitri Wonosobo, Jenitri Magelang, Jenitri Banjarnegara, Jenitri Kalimantan, Jenitri Bogor, dll.

Nama berdasar nama penemu jenitri: Jenitri Kiswanto (hamape), Jenitri Kasirin, Jenitri Dulhamid, dll.

Nama berdasar bentuk jenitri: Jenitri Gepeng, Jenitri Bintang, Jenitri Motif, Jenitri Bodong, Jenitri Gaurisangkar / Jenitri dempet, Jenitri chikna cikna, dll.

Cara membedakan jenitri asli atau jenitri palsu

Jenitri asli kalau dibakar tidak meleleh dan berbau kayu terbakar, akan membara saat dibakar. Jenitri palsu banyak terbuat dari plastik, sehingga meleleh saat dibakar.

Jenitri palsu tidak mempunyai pori-pori pada permukaan bijinya, sedangkan jenitri asli berpori. Saat jenitri yang asli direndam dalam cairan, bisa berupa air atau minyak, biji jenitri asli akan menyerap cairan. Menyebabkannya berubah warna, pada kondisi kering dan basah jenitri asli akan berbeda warna. Jenitri asli cenderung berwarna lebih gelap saat basah. Namun jenitri palsu mempunyai warna yang sama, baik dalam keadaan kering maupun basah.


Harga gelang jenitri dan kalung jenitri di blog ini relatif lebih murah. Silakan bandingkan dengan penjual lainnya. Kami menjual jenitri asli bukan imitasi.

gelang kesehatan biji jenitri atau rudraksha


Harga Rp.100.000 (1 paket isi 4 gelang) 

Tiap pembelian 1 paket gelang jenitri, Anda akan mendapatkan BONUS 1 kalung jenitri atau 1 tasbih berisi 99 butir jenitri. Silakan dipilih.
Berapa harga gelang jenitri di luar negeri? Harganya perbuah adalah 16 dollar Amerika atau sekitar Rp.200.000 (dua ratus ribu rupiah). Untuk melihat harganya di luar negeri, silakan klik di sini.

Saya menjual pergelang dengan harga Rp.25.000 (dua puluh lima ribu rupiah), pembelian minimal 1 paket berisi 4 gelang. Kenapa saya bisa menjual gelang jenitri dengan harga murah? Karena daerah tempat tinggal saya, Kabupaten Kebumen, adalah penghasil biji jenitri paling banyak di Indonesia.

  Gelang Kesehatan dari Biji Jenitri atau Rudraksha

Cara membeli: SMSkan (1) gelang jenitri, (2) jumlah paket yang akan Anda beli, (3) nama & alamat lengkap tujuan pengiriman. 

Contoh SMS Anda, misal: gelang jenitri 2 paket, Sigit, Jl Yos Sudarso No. 5600 Praya, Lombok Tengah, NTB Kode Pos 83511.

Kirim SMS Anda ke nomer HP: 08 99 66 99 8 77 atau ke 087888676700 ( WA )



Kalung Kesehatan dari Biji Jenitri atau Rudraksha
Harga Rp. 50.000, minimal pembelian 2 kalung.
Tiap pembelian 2 kalung jenitri, Anda akan mendapatkan BONUS 2 gelang jenitri atau 1 tasbih berisi 33 butir jenitri. Silakan dipilih.
Berapa harga kalung jenitri di luar negeri? Harganya peruntai kalung adalah 98,99 dollar Amerika atau sekitar Rp.1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu rupiah). Untuk melihat harganya di luar negeri, silakan klik di sini.

Saya menjual perkalung dengan harga Rp.50.000 (lima puluh ribu rupiah, minimum pembelian 2 kalung). Kenapa saya bisa menjual kalung jenitri dengan harga murah? Karena daerah tempat tinggal saya, Kabupaten Kebumen, adalah penghasil buah jenitri paling banyak di Indonesia.

Kalung Kesehatan dari Biji Jenitri atau Rudraksha

Cara membeli: SMSkan (1) jumlah kalung jenitri yang akan Anda beli, (2) nama & alamat lengkap tujuan pengiriman. 

Contoh SMS Anda, misal: 4 kalung jenitri, Sudarno, Jln Tompello No. 400 B, Kel. Merdeka Kec. Kelapa Lima Kota, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kirim ke nomer HP: 08 99 66 99 8 77 atau ke 087888676700 ( WA )

4 komentar:

  1. Apakah khasiat biji jenitri bisa kadaluarsa bila pemakaian dalam jangka waktu yang lama ?

    BalasHapus
  2. @Arie Syafari : InsyaAllah manfaat jenitri akan terjaga selama dikenakan

    BalasHapus